PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM TRANSFORMASI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI DI INDONESIA
(1) Universitas Hasyim Asyari
(2) Universitas Islam Negeri Malang
(3) Universitas Hasyim Asyari
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alam, M., & Daflizar, D. (2018). Pendidikan Islam Berwawasan Multikultural. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 103. https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.560
Amar, I. (2014). Studi Normatif Pendidikan Islam Multikultural. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 4(2), 320. https://doi.org/10.15642/islamica.2010.4.2.320-334
Arif, M. (2017). Deradikalisasi Islam Melalui Pendidikan Multikultural Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Cigugur. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 22(1), 51. https://doi.org/10.32332/akademika.v22i1.716
Arifin, Z. (2018). Pendidikan Islam Multikultural Upaya Menumbuhkan Kesadaran Multikultural. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 38–56. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i1.3331
Chin, C. (2019). The concept of belonging: Critical, normative and multicultural. Ethnicities, 19(5), 715–739. https://doi.org/10.1177/1468796819827406
Darmawan, D. (2019). Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://eprints.ums.ac.id/27408/2/BAB_I.pdf
Halidjah, & Siti. (2011). Pemberian Motivasi Untuk Meningkatkan Kegiatan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(1), 1–9.
Hefni Zain. (2013). Pengembangan Pendidikan Islam Multikultural Berbasis Manajemen Sumber Daya Manusia. Tadrîs, 8(1), 108–124.
Husmiaty Hasyim. (2015). Transformasi Pendidikan Islam ( Konteks Pendidikan Pondok Pesantren ). Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 13(1), 57–77.
Ibrahim, B. (2019). Madrasah Transformation Into Modern Educational Institutions During The New Order. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 196. https://doi.org/10.24269/ijpi.v4i2.2006
Ilham, D. (2020). Persoalan-Persoalan Pendidikan dalam Kajian Filsafat Pendidikan Islam. In DIDAKTIKA (Vol. 9, Issue 2). https://jurnaldidaktika.org/179
Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 32–43. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374
Lundeto, A. (2018). Menakar Akar-Akar Multikulturalisme Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(2). https://doi.org/10.30984/jii.v11i2.584
Muhadis Azzuhri. (2012). Konsep Multikulturalisme dan Pluralisme dalam Pendidikan Agama. Forum Tarbihyah, 10(9), 13–29. http://repositori.kemdikbud.go.id/1109/1/Membangun_Pemahaman_Multikulturalisme.pdf
Mukhlis, A. (2017). Sejarah Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam Nusantara ( Surau, Meunasah, Pesantren dan Madrasah ). AL Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 1(01), 124–144. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/3005
Muzakir, A. (2017). Transformasi Pendidikan Islam di Jambi: dari Madrasah ke Pesantren. Islam Realitas: Journal of Islamic & Social Studies, 3(1), 8. https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v3i1.212
Muzakkir. (2017). Harmonisasi Tri Pusat Pendidikan Dalam Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Ta’dib, 10(1), 145–162.
Nadlir, M. (2016). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 299. https://doi.org/10.15642/jpai.2014.2.2.299-330
Prasetawati, E., & Asnawi, H. S. (2018). Wawasan Islam Nusantara; Pribumisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal di Indonesia. FIKRI : Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 3(1), 219. https://doi.org/10.25217/jf.v3i1.283
Samsuri, & Marzuki. (2016). Character building for multicultural citizenship within the curricular programs in madrasah aliyah, Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 24–32.
Subhan, F. (2016). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MASA KINI. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 1(2), 353. https://doi.org/10.15642/pai.2013.1.2.353-373
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sya’adah, A., Saputra, B. A., Jannah, M., & Mahfud, C. (2019). Sejarah reformasi pendidikan Islam di Indonesia. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 38. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i1.1793
Wahyuddin, W., & Hanafi. (2017). Konsep Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Islam. PROCEEDING IAIN Batusangkar, 1(1), 721–744. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/585
Wardana, A. K. (2019). Peluang Lulusan Ponpes Lanjutkan Kuliah hingga ke Universitas Al Azhar, Ada Beasiswa Santri Kemenag. Tribunnews.com. https://makassar.tribunnews.com/2019/04/02/peluang-lulusan-ponpes-lanjutkan-kuliah-hingga-ke-universitas-al-azhar-ada-beasiswa-santri-kemenag
Article metrics
Abstract views : 777 | views : 462DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v5i1.602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 yeyen afista, Umi Sumbulah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.