IMPLEMENTASI KARAKTER DISIPLIN MELALUI PENDIDIKAN BERBASIS PESANTREN PADA SISWA MTs NURUL ULUM MALANG

Published : 2022-09-25 | Abstract viewsc: 83 | PDF views: 61
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Alfina Amelinda Salsabilla(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk mengembangkan karakter siswa dalam membentuk perilaku menghargai, menghormati waktu serta meningkatkan tanggung jawab siswa dan sebagai penerus generasi bangsa maka diperlukan sikap kedisplinan. Kedisiplinan bermanfaat agar siswa memiliki rasa tanggung jawab dan mempengaruhi pribadi siswa. Dalam MTs Nurul Ulum Malang ditemukan banyak permasalahan terkait dengan kedisiplinan dan tanggung jawab siswa. Hal ini dilihat dari adanya pelanggaran tata tertib sekolah yang telah dibuat oleh pihak sekolah. Siswa yang melanggar, terkadang mengganggap remeh aturan tersebut sehingga tidak adanya kesadaran tentang kedisiplinan siswa. Tujuan penelitian yaitu memberikan andil dalam keilmuan terhadap dunia pendidikan sehingga mampu menanggulangi permasalahan tentang kedisplinan melalui penerapan dan pengembangan karakter disiplin pada siswa MTs Nurul Ulum Malang dengan berbasis pendidikan pesantren. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipilih adalah analisis deskriptif kualitatif

Keywords


Pendidikan Karakter; Kedidiplinan; Pesantren

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Fauzan. (2005). Pendidikan Karakter Berbasis Pesantren: Studi Kasus Di SMP Darus Salam Pamekasan. Empirisma, 3.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Kadir, A. (2014). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

RI, D. A. (2003). Pondok Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Departemen Agama RI Drektorat Jendral Kelembagaan Agama Islam.

Zuhriah, N. (2006). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Article metrics

Abstract views : 83 | views : 61


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v4i2.1491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.