IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI STRATEGI JOYFULL LEARNING DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL MUSTHOFA PAKIS MALANG
(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku anak. Pendidikan tidak pernah lepas dari nilai agama yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Tujuannya pendidikan agar tercipta penanaman nilai dan karakter yang baik salah satunya adalah karakter religius.dalam meningkatkan karakter religius salah satu komponen pembelajaran adalah strategi pembelajaran. TPQ Al-Musthofa Pakis merupakan lembaga pendidikan non formal karena baru pertama kali menggunakan strategi joyfull learning Penelitian ini bertujuan untuk menambah kajian wawasan keilmuan mengenai pendidikan karakter religius melalui strategi joyfull learning khususnya di TPQ Al-Musthofa Pakis. Untuk mengetahui Implementasi Strategi joyfull learning pada penanaman pendidikan karakter religius. Untuk mengetahui Kendala dalam Implementasi strategi joyfull learning pada penanaman pendidikan karakter religius di TPQ Al Musthofa Pakis Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan kondensasi data, ditarik kesimpulan. Dalam memeriksa kevalidan dilakukan dengan triangulasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI.
Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standart Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Haq, A. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Prakarsa Paedagogia, 21-33.
Sufiani. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 5.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.
Widyastuti, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Chempuzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Koloid Siswa Sman 2 Kendal. UNS, 4.
Article metrics
Abstract views : 120 | views : 100DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v3i1.1503
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.