IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI STRATEGI JOYFULL LEARNING DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN AL MUSTHOFA PAKIS MALANG

Published : 2022-03-25 | Abstract viewsc: 120 | PDF views: 100
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Rokhimatul Islamiah Islamiah(1*), Ali Rif’an Rif’an(2),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pendidikan mempunyai peranan sangat penting dalam membentuk kepribadian dan tingkah laku anak. Pendidikan tidak pernah lepas dari nilai agama yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Tujuannya pendidikan agar tercipta penanaman nilai dan karakter yang baik salah satunya adalah karakter religius.dalam meningkatkan karakter religius salah satu komponen pembelajaran adalah strategi pembelajaran. TPQ Al-Musthofa Pakis merupakan lembaga pendidikan non formal karena baru pertama kali menggunakan strategi joyfull learning Penelitian ini bertujuan untuk menambah kajian wawasan keilmuan mengenai pendidikan karakter religius melalui strategi joyfull learning khususnya di TPQ Al-Musthofa Pakis. Untuk mengetahui Implementasi Strategi joyfull learning pada penanaman pendidikan karakter religius. Untuk mengetahui Kendala dalam Implementasi strategi joyfull learning pada penanaman pendidikan karakter religius di TPQ Al Musthofa Pakis Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data yang dikumpulkan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data dilakukan dengan kondensasi data, ditarik kesimpulan. Dalam memeriksa kevalidan dilakukan dengan triangulasi.


Keywords


Pendidikan Karakter Religius, Strategi Joyfull Lerning

Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPPI.

Depdiknas. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standart Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Haq, A. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Prakarsa Paedagogia, 21-33.

Sufiani. (2021). Joyful Learning: Strategi Alternatif Menuju Pembelajaran Menyenangkan. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 5.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan Implikasi Dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.

Widyastuti, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Joyful Learning Berbantuan Chempuzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Materi Koloid Siswa Sman 2 Kendal. UNS, 4.


Article metrics

Abstract views : 120 | views : 100


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v3i1.1503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.