PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMPN 05 SINGOSARI SATU ATAP

Published : 2023-03-25 | Abstract viewsc: 127 | PDF views: 102
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Subur Jati(1*), Muhammad Syauqillah(2),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Untuk meningkatkan motivasi dalam proses pembelajaran dapat dilakukan berbagai cara, salah satunya yakni dengan penguatan (reinforcement). Pemberian penguatan menjadikan siswa merasa dihargai sehingga berdampak pada prestasi belajar yang menyemangati untuk mengikuti pembelajaran. Penguatan yang diaplikasikan oleh guru dengan cara dan waktu yang tepat, akan berdampak pada sikap positif yang tumbuh dalam diri siswa. Sehingga pemberian penguatan akan mengakibatkan peningkatan terhadap motivasi belajar siswa yang akhirnya tujuan pembelajaran dapat dicapai. Tujuan penelitian yaitu meninjau pengaruh pemberian penguatan kepada motivasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 05 Singosari Satu Atap. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menyebarkan angket. Sampel pada penelitian ditujukan kepada siswa kelas VIII dan IX SMPN 05 Singosari Satu Atap dengan keseluruhan 49 siswa. Analisis data yaitu menggunakan teknik analisis regresi sederhana

Keywords


Penguatan (Reinforcement), Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ariani, N., Masruro, Z., & dkk. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.

Darajat, Z., & dkk. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Djumransyah. (2004). Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.

Herwansyah, & Faza, N. (2022). Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Religius Siswa. Sukabumi: Haura Utama.

Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Lailatul Lailiyah. (2005). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 18 Malang. Skripsi (Malang: UIN Malang), 125.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putra, U. S. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sulaiman. (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banda Aceh: Yayasan PeNA.

Sutiah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.


Article metrics

Abstract views : 127 | views : 102


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v5i1.1844

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.