PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN (REINFORCEMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII DAN IX DI SMPN 05 SINGOSARI SATU ATAP
(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariani, N., Masruro, Z., & dkk. (2022). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung.
Darajat, Z., & dkk. (1996). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Djumransyah. (2004). Filsafat Pendidikan. Malang: Bayumedia Publishing.
Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu.
Herwansyah, & Faza, N. (2022). Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Perilaku Religius Siswa. Sukabumi: Haura Utama.
Jaya, I. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Lailatul Lailiyah. (2005). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 18 Malang. Skripsi (Malang: UIN Malang), 125.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Putra, U. S. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Soemanto, W. (1998). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Sulaiman. (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Banda Aceh: Yayasan PeNA.
Sutiah. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Article metrics
Abstract views : 127 | views : 102DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v5i1.1844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Journal Islamic Studies
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.