IMPLEMENTASI METODE TABARAK DALAM MENINGKATKAN HAFALAN AL-QUR’AN BAGI ANAK

Published : 2021-10-01 | Abstract viewsc: 370 | PDF views: 381
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Fi Iisya Muthaharah(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penerapan metode Tabarak dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi anak usia dini pada juz 29 dan 30 di Rumah Tahfidz Rutaba Sukun Kota Malang, 2) Untuk mengetahui keberhasilan metode Tabarak di Rumah Tahfidz Rutaba Sukun Kota Malang dalammeningkatkan hafalan Al-Qur’an bagi anak balita pada juz 29 dan 30.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus (case study). Adapun instrument utama penelitian dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, dalam meningkatkan hafalan Al- Qur’an bagi anak usia dini menggunakan metode Tabarak di Rumah Tahfidz Rutaba Sukun Kota Malang, yakni: Pertama, muraja’ah umum atau muraja’ah kubra yaitu membaca ayat-ayat yang akan dihafal. Kedua, dilanjutkan dengan Talaqqi melalui media video pembelajaran yang dibacakan oleh syekh Kamil. Beliau membacakan dengan penekanan-penekanan bacaan sesuai makharijul huruf dan shifatnya, kemudian dicontoh oleh anak-anak dan diulang per-ayat 3 kali pengulangan. Ketiga, dilanjut dengan muraja’ah khusus, muraja’ah ini hanya fokus mengulang ayat-ayat yang telah dihafal menggunakan aplikasi ayat. Keempat, Para pengajar melakukan bimbingan intensif dari masing-masing peserta didik. Sedangkan keberhasilan metode Tabarak di Rumah Tahfidz Rutaba Sukun Kota Malang, adalah: 1) Adanya target hafalan yang dapat dicapai dalam jangka waktu 6 bulan yaitu: 1,5 bulan pertama, santri hafal surat Al-Fatihah dan 5 surat pendek lainnya, hafal surat An-Naba’- At- Takwir. Kedua, 4 bulan santri hafal do’a makan, do’a belajar, do’a khotmul Qur’an dan do’a lainnya, hafal An-Naba’- Al-Qadr Ketiga, 6 bulan santri hafal juz 30.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, CV Jejak

Farihah, Ipah, 2006, Buku Pedoman Penelitian UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta: UIN Press,

Fitrah dan Luthfiyah, 2017, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas dan Studi Kasus, Sukabumi.

https://kbbi.web.id/implementasi.html

Imam An-Nawawi, 2001, At-Tibyan fi Adabi Hamalatil Qur’an, Terj. Zaid Husein Alhamid, Jakarta Pustaka Amani

Lexy J. Moleong, 2014, Metologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Masyhud dan Husnur, 2016, Rahasia Sukses 3 Hafidz Qur’an Cilik Mengguncang Dunia. Jakarta: Zikrul.

Maula, Rifdatul. 2019 ,“Implementasi Metode Tabarak di Mataba Al-Furqon Desa Petung Panceng Gresik dan Metode Talaqqi di KB-TK Al-Furqon Al Islami Desa Srowo Sidayu Gresik” ,Tesis-UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya

Nana Syaodih Sukmadinata, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Cet 9, Bandung: Remaja Rosdakarya,

Nasution, S. 2003, Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif, Cet 3, Bandung: Tarsito,

Putra N , Suryana. Awangga, 2007, Desain Proposal Penelitian Panduan Tepat dan Lengkap Membuat Proposal Penelitian, Yogyakarta: Piramid Publisier,

Ramayulis, 2006, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Kalam Mulia

Sri Maruti, Ending, 2015, Pembelajaran Bahasa Jawa di Skolah Dasar, Magetan. AE Media Grafika,

Sugiyono, 2016 , Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2012. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya,


Article metrics

Abstract views : 370 | views : 381


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v1i1.781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.