PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS IV DI ERA NEW NORMAL

Published : 2021-10-01 | Abstract viewsc: 201 | PDF views: 199
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Robiatin Alvin Nadiroh(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui perencanaan dan penerapan dalam menggunakan model blended learning pada mata pelajaran Fikih di era new normal. Metode penelitian yaitu metode deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus. Kemudian untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model blended learning dilakukan dengan sitematis dari merencanakan waktu, lokasi, materi, metode, media, langkah-langkah  pembelajaran, dan pembuatan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran); 2) Penerapan model blended learning di MI Masyhariyah Kebontemu dapat peneliti simpulkan berlangsug dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Abdul’al, Abdul Hayy. 2014. Pengantar Ushul Fikih. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Arifin, Zaenal. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2. Nomor 1.

Dwiyogo, Wasis D. 2018. Pembelajaran Berbasis Blamded Learning. Depok: Rajawali Pres.

Febrianty, dkk. 2020. New Normal Edisi II. Cetakan I. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Giap, Yo Ceng, dkk. 2020. Pembelajaran E-Learning Di Masa Pandemi Covid-19. Cetakatan I. Yogyakarta: Deepublish.

Ibrahim. 2017. Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make A Match) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora. Volume 3. Nomor 2.

Istiningsih, Siti. 2015. Blanded Learning, Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen. Volume 1. Nomor 1.

Kementrian Kesehatan RI dan GERMAS. 2020. Apa yang harus dilakukan masyarakat untuk cegah penularan COVID-19?. t.t. : t.p.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Buku Saku Pedoman Edukasi Perubahan Perilaku. t.t. : t.p.

Keputusan Bersama Menteri Nomer 116266/ A5/ HK/ 2020 Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran. 20 November 2020. Jakarta.

Keputusan Bersama Menteri Nomer 116266/ A5/ HK/ 2020 Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran. 20 November 2020. Jakarta.

Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah. 30 Juli 2019. Jakarta.

Khalaf, Abdul Wahab. 2014. Ilmu Ushul Fikih. Semarang: Dina Utama Semarang.

Margono. 2000. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Masykur, M. Rizqillah. 2019. Metode Pembelajaran Fikih. Jurnal Al-Makrifat. Volume 4. Nomor 2.

Moleong, Lexy J. 2017. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

P, Andika Chandra. 2020. COVID-19 dan New Normal Seri 3. Cetakan I. Bogor: Guepedia.

P, Riza Anugrah, dkk. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Volume 1. Nomor 1.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008. Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah. 6 Mei 2008. Jakarta.

Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). 2020. Pedoman Tatalaksana COVID-19 edisi 3. Jakarta: t.p.

Purwanto, Erwan Agus. 2020. New Normal: Perubahan Sosial Ekonomi dan Politik Akibat Covid-19. Cetakan I. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Raco, J.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahayu, Siti, dkk. 2020. COVID-19 The Nightmore or Rainbow. Cetakan I. Jakarta: Mata Aksara.

Saiban, Kasuwi. 2019. Metode Penetapan Hukum Islam. Malang: Setara Press.

Santoso, Subhan Adi. 2020. Pembelajaran Blended Learning Masa Pandemi. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian kuantatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian kuantatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID019). 18 Mei 2020. Jakarta.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). 24 Maret 2020. Jakarta.

Zain, Lukman. 2009. Pembelajaran Fikih. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.


Article metrics

Abstract views : 201 | views : 199


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v1i1.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Journal Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.