Model Pendidikan Agama Anak bagi Wanita Karir Keluarga Muslim di Kota Malang

Published : 2018-09-03 | Abstract viewsc: 567 | PDF views: 858
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Mahrus Mahrus(1*),

(1) STAI NU Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Peran wanita sebagai Ibu rumah tangga ataupun wanita yang berkarir memiliki kewajiban yang sama untuk memberikan pendidikan agama bagi anak. Setiap Ibu memiliki tujuan pendidikan mewujudkan yang ingin diraih oleh anaknya agar dapat menjadi pribadi yang baik. Berangkat dari keinginan ini para ibu yang juga berkarir sebagai pegawai pabrik rokok, pegawai bank dan guru tersebut melakukan berbagai upaya untuk memberikan pendidikan agama bagi anaknya sebagai pengganti ketiadaannya selama berkarir melalui beberapa kegiatan seperti TPQ, dititipkan pada tetangga dan di masukkan ke lembaga pedidikan yang memberikan porsil lebih pada aspek keagamaan seperti Playgroup Qurrotun A’yun, TK Permata Iman, TK Insan Amanah, TK Muslimat, MIN 1 Malang dan lain sebagainya. Hasil yang didapat dari berbagai upaya tersebut adalah anak terbiasa melakukan sholat 5 waktu sejak kecil, bersopan santun pada orang tua, berperilaku baik kepada tetangga dan lain sebagainya.

Keywords


Model Pendidikan Agama, Wanita Karir, Keluarga Muslim.

Full Text:

PDF

References


Ch, Mufidah. 2003. Paradigma Gender, (Malang: Bayumedia Publishing)

Indrakusuma, Amir. Daien 1973. Pengantar Ilmu Pendidikan, (Surabaya: Usaha Offset Printing)

Kartono, Kartini. 2007. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). (Bandung: Mandar Maju)

Koentjaraningrat. 1997. Metode-metode Penelitian Masyarakat. (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama)

Mutawalli, Syaikh. 2003. Fiqh Perempuan (Muslimah) Busana dan Perhasian, Penghormatan atas Perempuan, Sampai Wanita Karier. (Jakarta: Amzah)

Nazarudin. 2007. Manajemen Pembelajaran Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum, (Yogyakarta: Teras)

Nuryanis, dkk. 2003. Pendidikan Luar Sekolah, Kontribusi Ditpenamas Dalam Pencapaian Tujuan Pendidikan Nasional, (Jakarta: Depag RI Dirjen Kelembagaan Agama Islam)

Padil, Moh. dkk. 2007. Sosiologi Pendidikan. (Malang: UIN-Malang Press)

Patmonodewo, Soemiarti. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah, (Jakarta: Rineka Cipta)

Rimm, Sylvia. 2003. Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah, (Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama)

Seto, Kak. 2000. Pendidikan dan Masalah Perkembangan Anak, Dalam Sindhunata (Ed.), Membuka Masa Depan Anak-Anak Kita: Mencari Kurikulum Pendidikan Abad XXI, (Yogyakarta: Kanisius)

Schaefer, Charles. 1989. Bagaiman Mempengaruhi Anak Peganagan Praktis Bagi Orang Tua¸ (Semarang: Dahara Prize)

Thalib, Muhammad. 1999. Solusi Islam Terhadap Dilema Wanita Karir, (Yogyakarta: Wihdah Press)

Ulwan, Abdullah Nashih. 1992. Pendidikan Anak Menurut Islam Kaidah-Kaidah Dasar, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)

Pusat Pengembangan Penataran Guru Tertulis Ditjen Dikdasmen Depdikbud, Bimbingan dan Penyuluhan. Bandung

www.najmulhayah’s.blog.com, diakses pada tanggal 25-02-2012 pukul 10.00 WIB

www.arisandi.com, diakses pada tanggal 25-02-2012 pukul 09.58 WIB

http://books.google.co.id/, diakses pada tanggal 14 April 2011 pukul 14:00


Article metrics

Abstract views : 567 | views : 858


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 journal PIWULANG



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.