Pembelajaran Luring di Pesantren Masa Pandemi Covid-19 dari Perspektif Pemeliharaan Jiwa-Raga (Hifzh Al-Nafs)

Published : 2021-12-11 | Abstract viewsc: 134 | Artikel ke-2 views: 96
------------------------------------------------------------------------------------------------
: M. R Roy Syidin(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam non-formal yang menyelenggarakan pembelajaran secara luring pada era new normal, kendati lembaga-lembaga pendidikan Islam formal seperti sekolah, madrasah dan perguruan tinggi, mayoritas menerapkan pembelajaran daring. Dalam artikel ini, penulis menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian pustaka dan teknik analisis isi yang disajikan secara deskriptif-analitik. Temuan artikel ini adalah kebijakan pembelajaran luring di pesantren dilandasi oleh pandangan teologis terkait relasi wabah dan ajal, seperti pemahaman terhadap Surat al-Baqarah [2]: 243. Sedangkan dalam praktiknya, pesantren mengedepankan prinsip Hifzh al-Nafs (memelihara jiwa-raga) pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran luring, sehingga pengelola pesantren melakukan langkah-langkah strategis sesuai dengan Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pesantren dan Pendidikan Keagamaan di Masa Pandemi yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Hasilnya, pembelajaran luring di pesantren terlaksana dengan rutin, namun tetap memperhatikan kesehatan dan keselamatan nyawa civitas akademika pesantren.  


Full Text:

Artikel ke-2

References


al-Qurthubi, A. A. (2008). Tafsir al-Qurthubi: al-Jami' li Ahkam al-Qur'an. Jakarta: Pustaka Azam.

Christiyaningsih. (2020, Maret 31 ). Ribuan Santri Lirboyo Dipulangkan Cegah Penularan Corona. Retrieved from https://republika.co.id/berita/q803o9459/ribuan-santri-lirboyo-dipulangkan-cegah-penularan-corona.

Fahham, A. M. (2020). Pembelajaran Di Pesantren Pada Masa Pandemi Covid-19. Info Singkat , 12(14), 13-18.

Helmiati. (2015, Agustus 19). Kesalehan Individual Dan Kesalehan Sosial (Dr. Hj. Helmiati, M.Ag). Retrieved from https://uin-suska.ac.id/2015/08/19/meyakini-shalat-sebagai-obat-muhammad-syafei-hasan/.

Humas Kementerian Agama. (2020, Juni 19 ). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Pesantren dan Pendidikan Keagamaan di Masa Pandemi. Retrieved from https://ntb.kemenag.go.id/baca/1592539320/panduan-penyelenggaraan-pembelajaran-pesantren-dan-pendidikan-keagamaan-di-masa-pandemi.

Kurniati, P. (2020, Juli 9). 7 Santri Positif Covid-19, Klaster Baru Muncul di Pondok Pesantren Gontor. Retrieved from https://regional.kontan.co.id/news/7-santri-positif-covid-19-klaster-baru-muncul-di-pondok-pesantren-gontor.

Laksana, S. D. (2016). Integrasi Empat Pilar Pendidikan (Unesco) dan Tiga Pilar Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 6(1), 43-61.

Nurhanisah, Y. (2021, Januari 7). Mengenal Wuhan, Kota Asal Virus Corona. Retrieved from http://indonesiabaik.id/motion_grafis/mengenal-wuhan-kota-asal-virus-corona.

Redaksi Kumparan. (2020, Maret 2). Breaking News: Kasus Pertama di Indonesia, 2 Orang Positif Corona . Retrieved from https://kumparan.com/kumparannews/breaking-news-kasus-pertama-di-indonesia-2-orang-positif-corona-1swiPwz6csI/full.

Yunita, N. W. (2020, Maret 14). Antisipasi Corona, Aa Gym Setop Kegiatan Belajar di Daarut Tauhid. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4939075/antisipasi-corona-aa-gym-setop-kegiatan-belajar-di-daarut-tauhid.


Article metrics

Abstract views : 134 | views : 96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rabbayani: Jurnal Pendidikan dan Peradaban Islami