MEMBANGUN PENDIDIKAN ISLAM (Upaya Humanisasi Aqidah Melalui jalur formal)

Published : 2018-06-22 | Abstract viewsc: 466 | PDF views: 466
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Anwar Sa’dullah(1*),

(1) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan Pendidikan Islam yaitu mempersiapkan manusia seutuhnya, manusia yang sempurna secara dzahir dan batinnya, memiliki ketakwaan hakiki dihadapan Allah SWT, dan mengimplementasikan ketakwaanya dalam perilaku sehari-hari. Untuk itu perlu menempatkan aqidah keimanan pada peserta didik akan eksistensi kehadiran Allah SWT. sebagai kesadaran kemanusiaan dalam kemasan ilmu pengetahuan dan praktek pengalaman. Pengalaman spiritual ketuhanan seperti di atas perlu dijadikan kerangka dasar dalam pendidikan, agar mampu menjadi benteng penghalang kejahatan sosial, perilaku anarkis, dsb. Al-quran Hadits sebagai sumber rujukan Aqidah yang selama ini dipahami hanya berkutat disekitar wilayah kalam, dan teologi tentang ke-esa-an Tuhan melalui ucapan lesan, perlu segera direkonstruksi lebih mendalam melalui penanaman kesadaran aqidah keimanan agar semakin diyakini dalam hati di kedepankan dalam amal kehidupan sehari-hari. Sehingga pengalaman yakin pada wujud dan mengadanya Allah SWT. menjadi pengalaman manusia tentang Ketuhanan yang tidak bisa direduksi oleh apapun.


Keywords


Pendidikan, aqidah Islami

Full Text:

PDF

References


Muin, Thahir Abdul, Ihtisar Ilmu Tauhid, Jakarta: DANA, 1990.

Ensiklopedia Islam, Jakarta: Intermasa, cet 3, 1994.

Mulkhan, Abdul Munir, Nalar Spiritual Pendidikan, Solusi Problem Filosofis Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2003,

Tobroni, The Spiritual Leadershihp, pengefektifan organisasi noble industry melalui prinsip-prinsip spiritual etis, Malang: UMM Press, 2005.

Paul Suparno, SJ, Reformasi Pendidikan; Sebuah Rekomendasi, Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Darojad, Zakiah, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1992.

HM. Arifin, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1991.

Langgulung, Hasan, Manusia dan Pendidikan, Jakarta : Al-Husna–Zikro, 1992.

Ismail SM. Nurul Huda & Abdul Kholiq, Paradigma Pendidikan Islam, Semarang : Pustaka Pelajar, 2001.

Romas, Chumaidi Syarif, Wacana Teologi Islam Kontemporer, Yogyakarta PT. Tiara Wacana, 2000.


Article metrics

Abstract views : 466 | views : 466


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ta.v1i1.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 journal TA'LIMUNA



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.