UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Kasus di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang)

Published : 2019-01-06 | Abstract viewsc: 3207 | PDF views: 2141
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Sumarji Sumarji(1*), Rahmatullah Rahmatullah(2),

(1) Mahasiswa STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Peningkatan membaca al-Qur’an menjadi hal penting dalam dunia pendidikan. Dengan mempelajari al-Qur’an maka diharapkan tingkat spiritual anak didik meningkat, sehingga akan berdampak kepada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor anak didik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an. Hasil penelitian menyatakan bahwa upaya guru dalam meningkatan kemampuan membaca al-Qur’an di SMP Islam Muqorrobin Singosari Malang dilakukan dengan pertama, optimalisasi pelaksanaan proses pembelajaran intra kulikuler. Kedua, optimalisasi proses pembelajaran ekstra kulikuler. Ketiga, evaluasi pembelajaran. Kempat, penambahan sarana dan prasarana. Kelima, Peningkatan kualitas Guru.


Keywords


Guru PAI, Kemampuan Baca Al Quran

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.

Nata, Abuddin, Tafsir Ayat – Ayat Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Nurgiantoro, Burhan, Teori Pengkajian Fiksi, Yogyakarta: UGM Perss, 2005.

Ramayulis, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2005.

Rusydi Suwaid, Aiman, Al-Quranul Qarim dan Ilmu Tajwid, Sukoharjo: Zamzam, 2017.

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Biru, 1889.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja, 2005.

Syaifuddin, Ahmad, Mendidik Anak Membaca, Menulis, dan Mencintai Al - Qur’an, Jakarta: 2004.

Surya, Muhammmad, Percikan Perjuangan Guru, Semarang: Aneka Ilmu, 2001.

Undang – Undang SISDIKNAS 2005 UU. RI no. 14 th 2005, Jakarta: Smar Grafika, 2005.

Usman, Uzer dan Lilies Setiawati, Menjadi Guru Profesional, Bandung:Remaja Rosdikarya, 2005.

Zuhdi, Masiuk, Pengantar Ulumul Qur’an, Surabaya: 1997.


Article metrics

Abstract views : 3207 | views : 2141


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ta.v7i1.148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 journal TA'LIMUNA



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.