PENGARUH LATIHAN SENAM KEBUGARAN JASMANI (SKJ) TERHADAP TINGKAT KEBUGARAN SISWA KELAS V DI MIN DONOMULYO KABUPATEN MALANG

Zainul Arifin(1),
(1) STAI Ma'Had Aly AL-Hikam Malang

Corresponding Author
Copyright (c) 2018 journal AL-MUDARRIS

: https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96

Full Text:    /  Language : en
Submitted : 2018-04-20
Published : 2018-04-29

Abstract


Kebugaran jasmani peserta didik merupakan aspek penting yang dapat meningkatkan mobilitas dalam meraih prestasi akademik secara maksimal. Upaya meningkatkan kebugaran jasmani peserta didik dapat melalui berbagai aktifitas fisik yang salah satunya adalah kegiatan SKJ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara jelas tentang pengaruh latihan SKJ terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Hasil penelitian diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan tentang kebugaran jasmani melalui SKJ. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode eksperimental, sementara treatment yang dilakukan adalah 3 kali dalam seminggu. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan terhadap latihan senam kebugaran jasmani 3 kali seminggu terdapat peningkatan kebugaran jasmani pada siswa kelas 5 di MIN Donomulyo Kabupaten Malang.


Keywords


pengaruh, latihan, kebugaran jasmani

References


Bompa, T.O. Periodization theory and methodology of training. United states: Human kinetics. 2009 Maksum, Ali. Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press. 2008. Muhajir.. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jakarta. 2017 Nurhasan. Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Gresik: Abil Pustaka. 2011 Suharno. Ilmu Coaching umum. Yogyakarta: FKIK IKIP Yogyakarta. 1986


Article Metrics

 Abstract Views : 8281 times
 PDF Downloaded : 6220 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.