PENERAPAN DISIPLIN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI SANTRI DI PESANTREN HUBULO

Published : 2020-03-07 | Abstract viewsc: 571 | PDF views: 633
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Mariaty Podungge(1*),

(1) IAIN Sultan Amai Gorontalo
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak dari penerapan disiplin terhadap pengembangan diri santri dalam bidang ekstrakurikuler. Pengembangan diri adalah kemampuan individu dalam mendidik dirinya sendiri dengan hal-hal yang baik, yang berpotensi untuk mendorong dirinya mengembangkan bakatnya.Penelitianini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik dan psikologis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan disiplin di pesantren Hubulo memiliki dampak positif terhadap pengembangan diri santri. Secaraumum penerapan disiplin di pesantren Hubulo belum mampu meningkatkan hasil yang baik dalam pengembangan diri santri. Hal ini terjadi karena penerapan disiplin di pesantren Hubulo tidak seimbang dengan waktu yang diperlukan untuk kegiatan pengembangan diri, sehingga tujuan dari pengembangan diri santri tidak tercapai dengan maksimal.Penerapan disiplin di pesantren Hubulo merupakan bentuk kepatuhan dan ketaatan santri dalam menjalani kehidupan sehari-hari di pesantren Hubulo. Penerapan disiplinbertujuan untuk menciptakan nuansa pembelajaran yang aman, nyaman dan kondusif.


Full Text:

PDF

References


Ariesandi, Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses Dan Bahagia (Jakarta: PT. Gramedia Utama, 2008)

B. Robert & Steven J. Tailor, Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif (Surabaya: Usaha Nasional, 1993)

David Williams, Penelitian Naturalistik (Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta, 1989)

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Kiai (Jakarta: LP3ES, 1982)

Ja’far, -, ‘Problematika Pendidikan Pondok Pesantren Di Era Globalisasi’, Journal EVALUASI, 2.1 (2018), 350 <https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.83>

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya, 2004)

Miftakhul Munir, ‘MANAJEMEN PESANTREN DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI PONDOK PESANTREN AL-AMIN NGASINAN REJOMULYO KEDIRI’, Journal EVALUASI, 1.1 (2017), 85 <https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004>

Muhaimin, . Dkk, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Pada Sekolah Dan Madrasah (Jakarta: Rajawali Press, 2009)

———, Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP Pada Sekolah Dan Madrasah (Jakarta: Rajawali Press, 2009)

Mujahidin, Endin, Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan Agama Luar Sekolah (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2005)

‘Pesantren Hubulo’ <http://hubulo.com/>

RI, Departemen Agama, Panduan Kegiatan Ekstrakurikuler (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Departemen Agama RI, 2005)

———, Pendidikan, Kumpulan Undang-Undang Dan Peraturan Pemerintah RI Tentang (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Departemen Agama RI, 2006)

Schaefer, Charles, Cara Efektif Mendidik Dan Mendisiplinkan Anak (Jakarta: Mitra Utama, 1980)

Suharto, Edi, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial Dan Pekerjaan Sosial (Bandung: PT Reflika Aditama, 2005)

Wibowo, Hery, Psikologi Untuk Pengembangan Diri (Jakarta: Widya Padjadjaran, 2010)


Article metrics

Abstract views : 571 | views : 633


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v4i1.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Mariaty Podungge

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.