PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) MELALUI MANAJEMEN KELAS

Published : 2018-04-09 | Abstract viewsc: 1285 | PDF views: 606
------------------------------------------------------------------------------------------------
: - Romdloni(1*),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Sistem desentralisasi pendidikan di era sekarang ini memberikan peluang kepada setiap lembaga sekolah untuk meningkatkan kualitas mutu sekolah yaitu dengan mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Konsep Manajemen Kelas ini berusaha untuk memberikan penyelesaian terhadap masalah di kelas, yang cakupannya tidak hanya terbatas pada penyampaian materi, akan tetapi mencakup beberapa hal yang menyeluruh untuk mengorganisasi kelas antara lain: pertama kegiatan akademik berupa perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Kedua kegiatan administratif yang mencakup kegiatan procedural dan organisasional seperti penataan ruangan, pengelompokan siswa dalam pembagian tugas, penegakan disiplin kelas, pengadaan tes, pengorganisasian kelas, pelaporan. Jadi konsep manajemen kelas adalah berusaha memberdayakan potensi kelas yang ada seoptimal mungkin untuk mendukung proses interaksi edukatif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang efektif khususnya dalam materi PAI.


Keywords


Efektifitas Pembelajaran, PAI, Manajemen Kelas.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

------------------------. 2002. Prosedur Penelitian, suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

------------------------ 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Saiful Bakhri. 2000. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1989. Metodologi Research I. Yogyakarta: PT. Andi Offset cet. XXIII

Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2004. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Konsep dan Implementasi Kurikulum 200. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Moleong, Lexy. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Muhaimin. 2002. Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan PAI di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Dedy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosydakarya.

Mulyasa. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

------------ 2004. Manajemen Berbasis Sekolah Konsep Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosydakarya.

Nasution. 1998. Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: TARSITO.

Nawawi, Hadari. 1989. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pidarta, Made. _____ Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional

Pius A.P., Dahlan Barry. 1995. Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arkola.

Qomar, Mujamil. 2002. Meniti Jalan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Riyanto, Theo. 2002. Pembelajaran Sebagai Suatu Bimbingan Pribadi, Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Cet II.

Rohani, Ahmad dan Abu Ahmadi. 1991. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah. Jakarta: Bumi Akasara.

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Semiawan, Cony, 1992. Pendekatan Ketrampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Grasindo.

Sudirman. 1991. Ilmu Pendidikan:Kurikulum, Program pengajaran, Efek Intruksional dan pengiring, CBSA, Metode mengajar, Media pendidikan, Pengelolaan kelas dan Evaluasi hasil belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 1989. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan:Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu Dalam Pendidikan, Konsep Strategi dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Usman, Mohammad Uzer. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Wijaya, Cece. 1994. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. cet.IV.

www.pikiran-rakyat.com/cetak/0803/14/03x2.htm.

Zuhairini dan Abdul Ghofir. 2004. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Malang: UM Press.

---------------. 1985. Seni Mengelola Kelas.(di sadur dari Michael Marland “Craft of the Classroomâ€. Semarang: Dahara Prize.


Article metrics

Abstract views : 1285 | views : 606


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v1i2.70

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 EVALUASI