STRATEGI PROMOSI SMPN 5 SATU ATAP LINGGO SARI BAGANTI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SISWA

Published : 2022-03-31 | Abstract viewsc: 274 | PDF views: 178
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Rini Syevyilna Wisda(1*),

(1) JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.IAIN KERINCI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa untuk melanjutkan pendidikan, pada sekolah satu atap yang berstatus Negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep strategi promosi  Sekolah  satu atap dalam meningkatkan jumlah siswa serta melihat faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan promosi pendidikan di SMPN 5 satu atap Linggo Sari Baganti. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendektaan deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, siswa dan masyarakat. Analisis data  hasil penelitian ini melalui tahap: tahap reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilaksanakan pertama,  Mengidentifikasi masyarakat/ pasar sasaran, menyusun perencanaan kegiatan promosi, menentukan saluran promosi yang digunakan. Dari penjelasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa startegi promosi yang digunakan oleh sekolah sudah efektif, serta mampu meningkatkan jumlah siswa dari tiga tahun terakhir di SMPN 5 Satap Linggo Sari Baganti. Factor pendukung dan penghambat dalam pemasaran jasa pendidikan berasal dari Interl maupun eksternal sekolah.


Keywords


Strategy, promotion, Students

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T. dan T. (2012). Manajemen Pemasaran. PT Raja Grafindo.

adri efferi. (2019). Strategi Rekrutmen Peserta Didik Baru Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di MA Nahdlotul Muslimin Undaan Kudus. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam., Vol 14, no.

Creswell J.W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. UST-Press.

E. Muliyasa. (2003). Manajemen Berbasis Pendidikan.

lupiyoadi, rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Salemba Empat.

Moore, H. F. (2005). Humas: Membangun Citra Dengan Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. (2008). Manajemen Administrasi dan Organisasi Pendidikan. Ar-Ruzz Media.

Rangkuti. (2014). Manajemen Strategi Konsep-Konsep. PT Indeks.

Ratih, alma bukhari dan hurriyati. (2008). Manajemen Corporate & Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan, Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. ALFABETA.

Suharsimi. (2012). Manajemen Pendidikan. Aditya Media.

Sukmadinata, N, S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

W., S. H. & S. (2013). Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan. Usaha Nasional.

Wijaya, D. (2012). Pemasaran Jasa Pendidikan. Salemba Empat.


Article metrics

Abstract views : 274 | views : 178


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.910

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 RINI SYEVYILNI WISDA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.