PENERAPAN METODE AL BARQY DALAM MEMBACA AL-QUR’AN PADA ANAK DI RUTABA SUKUN MALANG

Published : 2023-03-25 | Abstract viewsc: 335 | PDF views: 193
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Fithrah Illiyyiin Illiyyiin(1*), Moh. Mansur Fauzi(2),

(1) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(2) STAI Ma'had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Muslim dianjurkan untuk mempelajari Al-Qur’an dengan kaidah ilmu tajwid. Namun tidak semua muslim dapat membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Hal ini dikarenakan kurangnya kesadaran muslim akan pentingnya pembelajaran Al-Qur’an sejak dini dengan metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan mengetahui hasil dari penerapan metode Al Barqy di Rutaba Sukun Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Instrumen utama peneliti sendiri. Lokasi penelitian di Rutaba Sukun Malang. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan data. Keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian penerapan metode Al Barqy dalam membaca Al Qur’an pada anak di Rutaba Sukun Malang terdapat 3 tahapan: pembelajaran Al Barqy klasikal, pembelajaran Al Barqy individu, pengambilan nilai dengan membangun komunikasi walisantri. Hasil penerapan metode Al Barqy bahwa pembelajaran membaca Al-Qur’an sudah mulai aktif walau terbata-bata dengan kemampuan penguasaan materi Al Barqy masih belum sepenuhnya optimal.


Keywords


Metode Al Barqy, Membaca Al-Qur’an, Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Persen Muslim Indonesia Tidak Bisa Baca Al-Qur’an. Republika. Sabtu, 09 April 2022.

Apa Dampak Buruk Membaca Al-Quran Tidak Tartil?. NU Online. Sabtu, 09 April 2022.

Mulyani, Dewi dan Imam Pamungkas (eds.). 2018. Al-Quran Literacy For Early Childhood With Storytelling Techniques. Bandung: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. t.t.: t.p.

Masyhud, Fatin dan Ida Husnur Rahmawati. 2017. Rahasia Sukses 3 Hafidz Qur’an Cilik Mengguncang Dunia. Jakarta Timur: Zikrul Hakim.

Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Putri, Mamada Arlistya. 2021. Penerapan Pembelajaran Literasi di TK Rumahku Tumbuh. Volume X No1. t.t.: Jurnal Pendidikan Anak.

Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mayasara Ayunina, Wawancara (Malang, 08 Juni 2022)

Sulton, Muhadjir. 2013. Al Barqy Sistem 8 Jam. Surabaya: Pena Ameen.

Muhadjir, Noeng. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rakesarasin.

Sugiono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

, 2009. Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yulyawati. 2016. Implementasi Metode At-Tibyan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Untuk Anak Usia Dini. Universitas Pendidikan Indonesia.

Zulkifli. 2011. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Pekanbaru: Zanafa Publising.


Article metrics

Abstract views : 335 | views : 193


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/jis.v5i1.1508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Journal Islamic Studies

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.