Pendidikan Anak Jalanan Dalam Paradigma Teo-Antropo-Sosiosentris

Published : 2018-09-03 | Abstract viewsc: 683 | PDF views: 415
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Mohoammad Yusuf Agung Subekti(1*), Moh. Mansur Fauzi(2),

(1) Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'had Aly Al-Hikam
(2) Sekolah Tinggi Agama Islam Ma'had Aly Al-Hikam
(*) Corresponding Author

Abstract


Problem tentang anak jalanan tidak hanya menjadi tugas pemerintah, tetapi semua elemen masyarakat juga memiliki peran mendampingi, mengarahkan dan memberikan pendidikan yang memadahi. Salah satu paradigma yang ditawarkan dalam pendidikan bagi anak jalanan adalah paradigma teo-antropo-sosiosentris. Paradigma ini berupaya membahas tentang makna pendidikan yang berbasis pada Tao (ketuhanan/keilahian) bahwa manusia secara fitrah-nya adalah sebagai hamba (abd) Allah, antropo (kemanusiaan) dan sosio (kemasyarakatan). Paradigma ini berusaha melihat bagaimana fenomena anak jalanan dan pendidikannya jika ditinjau dari aspek ketuhanan, kemanusiaan dan juga kemasyarakatan yang ketiganya saling mendukung satu dengan yang lain.

Keywords


Pendidikan Anak Jalanan, Paradigma Teo-Antropo-Sosiosentris.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2003. Filsafat Manusia: Memahami Manusia melalui Filsafat Bandung: Remaja Rosyda Karya.
Al-Abrasyi, Muhammad ‘Atiyah. 1955. Ruh Al-Tarbiyah wa Al-Ta’lim. Saudi Arabia: Daarul Ihya’ Al-Kutub Al-Arabiyah.
Ali, Hariroh. Fiqh al-Aulad: Melindungi Hak-Hak Anak. Bulletin Jum’at An-Nadhar edisi 55. tanggal 3 Juni 2005.
Alwisol. 2004. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press
Anshari, Hafi. 1996. kamus Psikologi. Surabaya: Usaha Nasional.
Atiyah, Hasan Ali dan Muhammad Shawqi Amin. 1972. al-Mu’jam al Wasit. Vol.2. Mesir: Dar al-Ma’arif.
Baharuddin. 2004. Paradigma Psikologi Islami: Studi tentang Elemen Psikologi dari Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Harkrisnowo, Harkristuti. Tantangan dan Agenda Hak Anak . dalam http://www.komisihukum.go.id/article_opinion.php.
Langgulung, Hasan. 1989. Manusia dan Pendidikan: Suatu Analisis Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Pustaka Al-Husna. Cet-2.
Lihat dalam www.depsos.go.id/Balatbang/as.doc
Ma’louf, Louis. 1986. Al-Munjid fi Al-Lughah wa al-A’lam. Beirut: Al-Maktabah al-‘Asriyah
Muarif, Hasan, Dkk. 1993. Ensiklopedi Islam vol. I.. Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve.
Muhajir, Asaril. 2003. Pendidikan Anak dalam Islam. Dalam Meniti Jalan Pendidikan Islam. (Akhyak, Ed.). Yogyakarta: P3M STAIN Tulungagung bekerjasama dengan Pustaka Pelajar. Cet. 1.
Penanganan Anak Jalanan dalam http://portal.lin.go.id/portal/detail.asp? idartcl=1607033NvT0002&by=topic
Ramayulis. 1998. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta Pusat: Kalam Mulia. Cet- 2.


Article metrics

Abstract views : 683 | views : 415


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ngulang.v1i1.158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 journal PIWULANG



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.