IMPLIKASI TEORI HUMANISTIK DAN KECERDASAN GANDA DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PAI
(1) 1STAI Nahdhatul Ulama Malang
(2) Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
This study aims to describe the implications of humanistic learning theory and multiple intelligences on learning Islamic education. This research is library research. Research data were obtained from books and scientific journal notes. The results showed that Abraham Maslow's humanistic theory aims to humanize humans as early as possible as their nature. The learning process is considered effective if students understand themselves and their surroundings. Students in a series of learning should try so that sooner or later they can actualize themselves as best as possible. Meanwhile, Howard Gardner's theory of multiple intelligences is oriented towards understanding the potential abilities of various intelligences so that their potential can be optimized according to the nature of their creation.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implikasi teori pembelajaran humanistik dan kecerdasan majemuk terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. Data penelitian diperoleh dari buku dan catatan jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teori humanistik Abraham Maslow bertujuan untuk memanusiakan manusia sedini mungkin sebagaimana fitrahnya. Proses pembelajaran dianggap efektif jika siswa memahami dirinya dan lingkungan sekitarnya. Siswa dalam suatu rangkaian pembelajaran hendaknya berusaha agar cepat atau lambat ia dapat mengaktualisasikan dirinya sebaik mungkin. Sedangkan teori kecerdasan majemuk Howard Gadrdner berorientasi pada memahami kemampuan potensi berbagai kecerdasan agar potensinya dapat optimal sesuai dengan fitrah penciptaannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arbayah, Model Pembelajaran Humanistik, Vol 13. No. 2, Desember 2013.
Armstrong, Thomas. Setiap Anak Cerdas!: Panduan Membantu Anak Belajar dengan Memanfaatkan Multiple Intelligence-nya, terj. Rina Buntaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama,2002.
Baharuddin, Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar Ruzz Media, 2017
Gardner Howard. Frames of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Hachette UK, 2011
Hamzah Amir, Teori Multiple Intelligences dan Implikainya Terhadap Pengelolaan Pembelajaran, (Jurnal Tadris, Volume 4. Nomor 2, 2009
Iskandar, Implementasi Teori Hirarki Kebutuhan Abraham Maslow Terhadap Peningkatan Kinerja Pustakawan, Vol. 4 No. 1, Januari – Juni 2016
Ismail Fajri, Evaluasi Pendidikan , Palembang: Tunas Gemilang Press, 2014
Kanisius, 2008.
Komara, Endang, Belajar dan Pembelajaran Interaktif, Bandung: PT Refrika Aditama, 2014.
Mardalis, Metode Penelitian: Suatu Pendekatan Proposal Bumi Aksara, 1995
Maslow, Abraham H, Motivation And Personality, Harper & Row: 1970.
Nata Abuddin, Sejarah Pendidikan Islam, Kencana, 2014
Siregar Eveline, Teori Belajar dan Pembelajaran, Bogor: Ghalia Indonesia, 2011
Suharsono, Mencerdaskan Anak, Melejitkan Intelektual dan Spiritual, Kesalehan serta Kreativitas Anak (IQ, EQ, dan SQ, Cet: ke 1, Depok: Inisiasi Press: 2004
Suparno, Paul. Teori Inteligen Ganda & Aplikasinya Di Sek, Teori Howard G. Yogyakarta:
Suprihatin, Pendekatan Humanistik Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No. 1, Januari – Juni 2017.
W. Santrock, John, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Salemba Humanika, 2009.
Article metrics
Abstract views : 1571 | views : 2583DOI: http://dx.doi.org/10.32478/piwulang.v3i1.506
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mahrus Mahrus, Zubdatul Itqon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.