PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI PUTUSSIBAU

Published : 2021-03-29 | Abstract viewsc: 1019 | PDF views: 845
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Hardimansyah Hardimansyah(1*),

(1) STIT Iqra' Kapuas Hulu
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Negeri Putussibau Populasi pada kelas ini adalah kelas VIII MTs Negeri Putussibau Pada pengambilan sampel digunakan metode cluster random sampling, diperoleh kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen (model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament) dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional) dan kelas VIIIC sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode angket, metode observasi dan metode tes. Metode angket diberikan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Dari hasil analisis diperoleh rata-rata kelas eksperimen diperoleh 65,88 dengan Standar Deviasi (SD)=11,51 dan rata-rata kelas kontrol diperoleh 58,82 dengan Standar Deviasi (SD)=9,05 untuk selanjutnya diuji dengan menggunakan uji t diperoleh thitung=2,811 dan dari tabel distribusi diperoleh tabel ttabel = 1,67 dengan α = 0,05 dan dk=34 + 34 —2=66. Hal ini menunjuk kan bahwa thitung > t tabel , jadi H 1 : m1 >m2 . Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament materi makanan dan minuman berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Hal tersebut Nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament lebih baik dari rata-rata hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode konvensional. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament efektif lebih berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Strategi, Times Games Tournaments, Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Makmun, Abin Syamudin, Psikologi Kependidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sebuah Panduan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Silberman, Melvin L., Active Learning 101 cara belajar siswa aktif, terj. Lita, Bandung: Penerbit Nusamedia kerjasama penerbit Nuansa, 2004.

Slavin, Robert E., Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Diterjemahkan dari cooperative learning theory, research and practice London : Alymand Bacon : 2005 penerjemah Nurulita Nasution, Bandung: Nusa Media, 2008, cet-1.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2006.

Sugiono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta, 2005, cet. 8.

Sugiyanto, Model-model Pembelajaran Inovatif, Surakarta: Yuma Pustaka, 2010

Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009, Cet I.

Winarsunu, Tulus, Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, Malang: UMM Press,2007, Cet.4.


Article metrics

Abstract views : 1019 | views : 845


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/piwulang.v3i2.638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 hardimansyah sarono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.