Teknik Cerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Tafsir Isra’iliyyat

Published : 2022-06-30 | Abstract viewsc: 160 | Teknik Cerita dalam Pembelajaran (Bahasa Indonesia) views: 69
------------------------------------------------------------------------------------------------
: Rahmat Rahmat(1), Maulidatul Khoiriyah(2*), Muhammad Syauqillah(3),

(1) Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
(2) Institut Pesantren KH Abdul Chalim Mojokerto
(3) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Artikel ini memuat tips implementasi teknik cerita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan mengambil sampel materi terkait Kisah Keteladanan Ashabul Kahfi yang diajarkan di Kelas 6 SD/MI. Secara garis besar, ada lima tahap implementasi teknik cerita. Pertama, guru dan siswa mengawali pembelajaran dengan membaca ayat Al-Qur’an, terutama Surat al-Fatihah. Kedua, guru meminta beberapa siswa untuk membaca ayat Al-Qur’an dan terjemahnya yang relevan dan siginifikan terkait Ashabul Kahfi. Ketiga, guru bercerita tentang Ashabul Kahfi dengan diperkaya Tafsir Isra’iliyyat yang merujuk pada tafsir terpercaya, seperti Tafsir al-Munir karya Wahbah al-Zuhaili. Keempat, guru menayangkan video pendek terkait gua yang dipercaya sebagai gua Ashabul Kahfi dan/atau film pendek terkait kisah Ashabul Kahfi. Sebagai alternatif media video, guru dapat menggunakan media gambar yang dicetak dan ditempelkan di papan tulis. Kelima, sebagai evaluasi pembelajaran, guru memberi tugas kepada siswa agar mencatat hikmah-hikmah yang dapat dipetik oleh siswa untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


Teknik Cerita, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam (PAI), Tafsir Isra’iliyyat.

References


al-Qaththan, M. (2006). Pengantar Studi Ilmu Al-Qur'an. (A. R. El-Mazni, Trans.) Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Az-Zuhaili, W. (2013). Tafsir Al-Munir (Jilid 8). (d. Abdul Hayyie al Kattani, Trans.) Jakarta: Gema Insani.

Brown, H. D. (2001). Teaching By Principle: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman.

Hana, R. A. (2013). Tipologi Tafsir Israilliyat Sebagai Materi Dakwah. Surabaya: IAIN Sunan Ampel. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/6130/2/Israillyat.pdf

Hindun Anwar, F. G. (2018). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 6. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lufaefi. (2018). Penyimpangan-Penyimpangan dalam Penafsiran Al-Quran dan Efek Negatifnya pada Aqidah Umat. Ilmu Ushuluddin, 17(2), 126-136.

Rahmat. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bening Pustaka.

Rianto, M. (2006). Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran. Malang: Pusat Pengembangan Penataran Guru.

Rosidin. (2019). Ilmu Pendidikan Islam: Berbasis Maqashid Syariah dengan Pendekatan Tafsir Tarbawi. Jakarta: Rajawali Pers.

Shihab, M. Q. (2013). Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati.


Article metrics

Abstract views : 160 | views : 69


DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ajmie.v1i1.1216

DOI (Teknik Cerita dalam Pembelajaran (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.32478/ajmie.v1i1.1216.g569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 AJMIE: Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.