Online Learning During the Covid-19 Pandemic from the Perspective of Parsons’ Structural Functional Theory
(1) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
(2) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
(3) STAI Ma’had Aly Al-Hikam Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhetya Cahyani, I. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 123-140. doi:10.37542/iq.v3i01.57 Craib, I. (1986 ). Teori-Teori Sosial Modern. Jakarta : Rajawali. Dimyathi, S. (2017). KH. A. Dimyathi Romly: Ayah, Guru dan Pembimbing Umat . Jakarta: Elex Media Komputindo. Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran . Lantanida Journal, 5(2), 93-196. George Ritzer, D. J. (2014). Teori Sosiologi: Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir Teori Sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana. Ichsan, A. S. (2020 ). Pandemi Covid-19 dalam Telaah Kritis Sosiologi Pendidikan. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 98-114 . Isa Anshori, Z. I. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Proses Pembelajaran di MTs Al-Asyhar Bungah Gresik. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 181-199. doi:10.30868/im.v3i02.803 Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. (2020, May 19). SE Sesjen: Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/se-sesjen-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19. Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN). (2020, April 13). Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan sebagai Bencana Nasional. Retrieved from https://covid19.go.id/p/regulasi/keputusan-presiden-republik-indonesia-nomor-12-tahun-2020. Lilik Agustina, R. O. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Sosiologi di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(5), 1-13. Maunah, B. (2019). Pendidik dan Guru Muslim dalam Perspektif Sosiologis. Cendekia , 13(2), 99-114. doi:10.30957/cendekia.v13i2.599 Nasution, S. (2009). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Poncojari Wahyono, H. H. (2020). Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan dan Solusi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51-65. Pusdiklat Kemdikbud. (2020, March 24). Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Retrieved from https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/. Radclife-Brown, A. R. (1980). Struktur dan Fungsi dalam Masyarakat Primitif. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka. Rahmah Fitriyani, R. F. (2020). Pelaksanaan Student Centered Learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 8-18. doi:https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.64 Rasyid, M. R. (2015). Pendidikan dalam Perspektif Teori Sosiologi. Auladuna, 2(2), 274-286. Ria Yunitasari, U. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243. Ritzer, G. (2013). Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. (Alimandan, Trans.) Jakarta: RajaGrafindo Persada. Rizki Setiawan, E. K. (2020 ). Membangun Efektifitas Pembelajaran Sosiologi di Tengah Pandemi Covid-19 . Edusocius: Jurnal Ilmiah Penelitian Pendidikan dan Sosiologi, 4(1), 1-13. Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sadirman, A. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada. Sudrajat, J. (2020). Kompetensi Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis , 13(1), 100-110 . Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Online pada Pelajaran Animasi 2D Melalui Strategi Komunikasi Persuasif. Ideguru : Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 9-15. Susanto, A. (2016). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru: Konsep Strategi dan Implementasinya. Jakarta: Prenada Media Group. Syaharuddin, M. (2020). Strategi Pembelajaran IPS: Konsep dan Aplikasi. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan IPS FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Syawaludin, M. (2014). Alasan Talcott Parsons tentang Pentingnya Pendidikan Kultur. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 7(1), 149-166. Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Article metrics
Abstract views : 1432 | views : 2246DOI: http://dx.doi.org/10.32478/ajmie.v2i1.737
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.32478/ajmie.v2i1.737.g384
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Alhikam Journal of Multidisciplinary Islamic Education (AJMIE)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.